Dunia Kecilku

Selamat datang di dunia kecilku. Dunia yang terbatas ketidakmampuan mengekspresikan semua keinginan, dunia yang hanya berupa penggalan penggalan, dan akan menjadi utuh karena kehadiranmu. :D

Cep Agus diajar nulis Headline Animator

Kamis, 09 Agustus 2012

BukBer Ceria OSIS SMPN 5 Cibinong


Siska D.n tampil sebagai pembawa acara
Rabu siang, 8 Agustus kemarin, ada suasana yang berbeda di kampus SMPN 5 Cibinong. Sebanyak 30 anak ngumpul di aula untuk mengikuti Bukber Ceria 2012. Acara yang pertama kali digelar ini dirancang langsung oleh anak anak OSIS, dibawah bimbingan wakasek kesiswaan. Acara yang nyaris tanpa anggaran ini, dimulai sekitar pukul 02.00 siang. Neng Siska Dewi Nuryanti sebagai pembawa acara membukanya dengan ucapan Bismillah dan menyampaikan susunan acarannya. Layaknya pembawa acara TV, Siska memimpin acara dengan sangat terlatih.


  

Acara dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Quran oleh neng Lihawati dengan saritilawah neng Sriyanti. Liha membacakan ayat Alquran dengan sangat baik, dan mampu menghipnotis pendengarnya. 









Selesai dengan pembacaan ayat Suci Al Quran, acara dilanjutkan dengan sambutan dari ketua OSIS SMPN 5 Cibinong, neng Risna Herdiani. Neng Risna memang punya kharisma tersendiri, terbukti dengan sambutan yang ia susun mendadak, ia mampu memberikan amanat yang baik bagi rekan rekan nya. Bahkan ia sempat menggunakan bahasa Inggris, sebagai warna pemikat dalam sambutannya. 
Selanjutnya, acara diselingi oleh penampilan tim Shalawat, yang terdiri dari neng Risna Herdiani, Eli Sumyati, Tati Haryati, Nurul Azizah, Ai Siti Sopiah dan Siti Ati Purnamasari. Meski sempat grogi pada awal penampilan, namun selanjutnya mereka bisa tampil dengan baik dan mendapat tepukan tangan dari rekan rekan nya. Alhamdulillah.

Acara kembali di isi dengan sambutan. Kali ini sambutan dari PKS Kesiswaan, Pak Agus Firman. Tanpa berpanjang lebar, dalam sambutannya beliau berpesan kepada anak anak agar mampu saling menjaga dan mendukung selama pelaksanaan acara ini. Beliau pun menyampaikan kebanggaannya kepada anak anak OSIS yang tahun ini berhasil melaksanakan acara Buka Bersama. 

Sebelum ditutup, acara diisi dengan kultum yang disampaikan oleh Ust. SalMut. (Salman Imut) yang pada kesempatan itu menyampaikan tentang esensi Sholat. Saking wajibnya, dalam keadaan apapun sholat tidak boleh ditinggalkan. Bila tidak sanggup berdiri, maka sholat dilaksanakan dengan duduk. Bila tak sanggup duduk, Sholat dilaksanakan dengan berbaring. Itu mungkin intisari ceramahnya saat itu. Cara penyampaian yang menarik, membuat jamaah dengan khidmat menyimak ceramahnya. 



Akhirnya acara pembukaan pun diakhiri dengan do’a tutup oleh neng Dede Ina Nuriyah. 
 
Nah sebagai hiburannya, ada penampilan khusus dari pengurus OSIS SMPN 5 Cibinong. Dipimpin oleh Dede Hikmat pad gitar, Ade Hilman, Siti ATi dan Risna Herdiani menyanyikan sebuah lagu yang mereka persembahkan untuk seluruh peserta BukBer ceria saat itu. Penampilan yang memukau dengan permainan gitar yang baik, diiringi lantunan suara khas ketiga vokalis, maka lengkaplah show mereka saat itu.




Tak lama, waktu Ashar pun tiba.  Cep Andi, yang merupakan putra sulung Kades Batulawang, segera mengambil ancang ancang untk mengumandangkan Adzan. Suaranya yang nyaring dan merdu sungguh membuat hati yang mendengarnya tersentuh. Seluruh siswa segera mengambil air wudhu untuk melaksanakan Sholat Ashar. Karena ketersediaan air yang minim, anak anak sempat menunggu teman temannya untuk antri berwudhu. 




Selepas Ashar, tepatnya pukul empat sore, anak anak sudah berkumpul kembali di aula untuk mengikuti tadarus bersama. Dengan mengambil surat Al Maidah, satu per satu anak anak membacakan ayat ayatnya bergantian. Sebagian anak sudah lancar bahkan sangat baik dalam membaca Al Quran, namun ada beberapa anak yang masih kesulitan. Hal ini menjadi catatan khusus bagi PKS Kesiswaan untuk melaksanakan tindakan lanjutan, yaitu pelatihan membaca Al Quran bagi mereka yang belum lancar.



Tanpa terasa, waktu pun sudah semakin larut. Anak anak OSIS dibantu Ibu Nina Gartina dan Ust Mu’min segera menyiapkan hidangan untuk berbuka. Panitia sengaja telah menyiapkan kurma,  air mineral dan es buah yang uangnya merupakan hasil patungan dari peserta dan panitia. Tok torok tok tok… bunyi kentongan khas Batulawang menandai waktu berbuka telah tiba. Kami pun dengan bahagia menikmati hidangan magrib itu. Acara semakin seru saat pak agus mulai memutar foto foto hasil jepretannya selama acara tadi melalui proyektor. Ekspresi ekspresi lucu yang tertangkap kamera menjadi sumber tawa kami bersama.

Selepas menikmati hidangan, kami pun segera memasuki Masjid untuk melaksanakan Sholat maghrib berjamaah. Namun sekali lagi, minimnya ketersediaan air sempat menghambat acara, sehingga sebagian anak harus turun ke tampian (sumur) untuk mengambil wudhu. Selepas Maghrib, acara diisi dengan renungan sambil menanti waktu Isya. Renungan yang dipimpin oleh pa Agus, sempat membuat suasana di dalam masjid menjadi hening dan haru. 

Saat Isya tiba, anak anak pun langsung berjamaah melaksanakan Sholat. Kemudian acara terkahir, dari seluruh rangkaian acara BukBer ini yaitu Sholat Tarawih berjamaah. Sayang, anak anak tidak ada yang bersedia menjadi imam saat itu, sehingga pak Agus kembali menjadi Imam. Meski begitu, acara Sholat tarawih berjamaah diikuti dengan baik oleh anak anak. 






Acara pun selesai pukul 20.30. Beberapa anak sudah siap dijemput oleh orangtuanya. Sementara mereka yang pulang berjalan kaki, bergerak secara berkelompok. Itu dikarenakan medan yang harus mereka lewati cukup gelap. Betapa beratpun jaln yang harus mereka tempuh, mereka tetap tersenyum, karena acara ini sangat bermakna bagi mereka. Yah, semoga tahun depan acara ini dapat dilaksanakan dengan lebih baik.





foto lebih lengkapnya bisa dilihat di sini.
  
   

Tidak ada komentar: