Dunia Kecilku

Selamat datang di dunia kecilku. Dunia yang terbatas ketidakmampuan mengekspresikan semua keinginan, dunia yang hanya berupa penggalan penggalan, dan akan menjadi utuh karena kehadiranmu. :D

Cep Agus diajar nulis Headline Animator

Selasa, 05 Juni 2012

Indahnya Berbagi

Minggu petang, 27 Mei kemarin, saya mendapat telpon dari ketua MGMP wilayah 2 Kab. Cianjur, untuk menggantikan beliau mengikuti pelatihan Pendidikan Karakter di Lembang pada 28 s/d 31 Mei. Saya sempat berfikir untuk menolaknya, karena saat itu saya baru tiba di tempat kerja setelah menempuh perjalanan selama hampir 4 jam. Saya pikir kalau besok pagi saya harus ke Lembang, menempuh perjalanan 200 Km, apakah saya kuat? Untunglah saat itu, mas Tammy Hendrasetia, guru spiritual pribadi saya memberikan semangat agar saya mengikutinya, selain untuk menambah pengalaman, ilmunya pun pasti bermanfaat untuk saya dan rekan rekan guru lainnya.
Esok paginya saya pun berangkat ke Lembang, setelah sebelumnya mampir di Dinas Kabupaten untuk mengambil surat tugas, lalu mampir ke rumah untuk menemui keluarga dan mempersiapkan perbekalan.


(Ket Gbr. Kiri: Suasana saat pelatihan. Kanan :berpose bersama rekan dan tutor)
Selama 4 hari di Lembang, saya tidak hanya mendapat ilmu tentang penerapan Pendidikan Karakter, namun saya pun bertemu dengan rekan rekan guru yang sudah berpengalaman. Mereka pun rela berbagi ilmu dan pengalaman mereka dalam mengajar, tanpa melihat bahwa saya adalah guru baru yang belum punya banyak pengalaman. Keterbukaan mereka membuat saya seolah menemukan oasis di tengah padang pasir. Saya curhat berbagai permasalahan yang sering saya hadapi di kelas kepada mereka. Karenanya di sela sela break, atau istirahat, saya sempatkan untuk ngobrol dengan mereka.
Sepulang dari pelatihan, saya pun begitu ingin segera bertemu rekan rekan di tempat kerja, ingin segera membagikannya dengan mereka. Namun, entah karena apa, saat saya datang ke tempat kerja pada hari Sabtu kemarin, hanya satu guru yang bertanya mengenai hasil dari pelatihan tersebut. Bahkan saat saya menawarkan file file hasil dari pelatihan, mereka seolah tidak begitu tertarik. Kenapa? entahlah.
Begitu inginnya saya berbagi, sesuai pesan dari para Pembimbing di pelatihan, saya mencoba mencari cara lain untuk membaginya. Memanfaatkan situs file sharing saya upload file file hasil pelatihan kemarin dan menempelkannya di blog.
Bila rekan rekan pun ingin berbagi, berikut saya sampaikan langkah langkahnya: (maaf tidak bermaksud mengajari)
1. Masuk ke salah satu situs berbagi pakai dan penyimpanan file. Di sini saya memilih 4Shared (www.4shared.com).
2. Daftar dan masuk

3. pilih file file yang akan kita unggah dari komputer kita

4. Setelah file terunggah, beri informasi juga tag dari file tersebut, agar nanti mereka yang mebutuhkan, bisa menemukannya dengan mudah.

5. Kita bisa membagikannya langsung, dengan mengcopy paste HTML atau menempatkannya pada blog kesayangan kita.

6. Untuk menempatkannya pada blog, klik tab Berbagi Pakai lalu pilih Berbagi Folder ini.
7. Pada windows kecil yang muncul, pilih tab pasang, scroll ke bawah dan rekan akan menemukan kode html untuk widget yang bisa dicopy paste dan ditempatkan di blog rekan. Di situpun rekan bisa menyesuaikan ukuran widget, height = tinggi, width = lebar, dan bila rekan ingin scroll nya berjalan, cukup dengan mengganti kata 'no' pada scrolling="no" dengan yes

8. Hasil dari tampilannya seperti ini.

9. Selanjutnya rekan bisa ngoprek sendiri bagaiman pengelolaan. Langkah di atas hanyalah langkah sederhananya. Rekan pun tidak perlu mengupdate widget saat mengunggah file baru, karena secara otomatis file yang diunggah ke folder tersebut akan tampil di widget.
Nah kembali ke hasil diklat kemarin, saya menempatkannya di sini.
tulisan barudak
Semoga bermanfaat, dan bila memiliki ilmu yang mungkin bermanfaat, tolong bagi dengan saya yah :D

Tidak ada komentar: