Dunia Kecilku

Selamat datang di dunia kecilku. Dunia yang terbatas ketidakmampuan mengekspresikan semua keinginan, dunia yang hanya berupa penggalan penggalan, dan akan menjadi utuh karena kehadiranmu. :D

Cep Agus diajar nulis Headline Animator

Rabu, 13 Juni 2012

Aku Muridmu dan Kalianlah Guruku

Education is not a preparation for life, Education is life it self.
(John Dewey)

Kata kata di atas merekat erat di meja kerja saya. Sebagai pengingat bahwa saya tidak boleh berhenti belajar, kapanpun dan di mana pun, dan apapun. Seperti hari kemarin, sepulang dari sekolah saya disuguhi Sambal Combrang dan Sambal Hiris. Karena merasa asing dan tertarik, saya pun meminta resepnya kepada Teh Een, pemilik rumah yang saya tumpangi.
Lho? Koq jadi ngomongin sambel seeh?

Yah, bukan si sambel yang akan jadi tokoh utama dalam tulisan ini, tapi para guru yang hadir setiap waktu. Mereka yang telah mengajari hal hal yang mungkin saya anggap kecil tapi sebenarnya penuh arti.
Yah, berbeda dengan rekan rekan guraru, dulu si sayah teh bangor, penuh ego. Jadi, saat ada orang yang ngajarin sesuatu, selalu ada perasaan 'Ah gituan doank, ga penting kali'. Sampe pada akhirnya ketemu momen di mana ilmu yang tadi dianggap sepele dibutuhkan, nangis deh.
Kejadiannya seperti ini, waktu masih ABG (lagi kasep kasep nya) saya ditawarin belajar naek motor oleh temen. Tapi saya bilang,
"engga ah, ngapain? punya motor juga engga."

Berselang beberapa bulan, saya pacaran, dan kebetulan kakaknya pacar saya itu punya motor. Pacar saya pun minta dianter jalan jalan pake motor, dan kakaknya dengan enteng melempar kunci motor ke saya tanpa bertanya apakah saya bisa naek motor ato engga. Karena saya keliatan bingung pada saat mau nyalain motor, pacar saya dengan sadisnya nanya,
"Kamu ga bisa bawa motor?" #JLEB
Sekarang, saya sadar betapa ego saya tidak membuat saya lebih pinter ato lebih ganteng, malah saya nyaris D.O gara gara ego tersebut. Entah apa yang udah nyadarin saya, tapi yang pasti sekarang saya ga lagi malu buat nanya tentang hal hal yang dulu saya anggap ga penting. Saya cenderung mengungkapkan ketertarikan saya akan sesuatu meski pada awalnya saya tidak tertarik. Dari kebiasaan ini, saya pun bertemu banyak guru, termasuk teh Een tadi. Saya pun belajar banyak, dan kalau boleh sombong beberapa hal sudah dikuasai dengan baik, seperti
  • maen gitar
  • bikin lagu
  • ngegambar
  • Menaklukan jalan berbatu dengan sudut kemiringan lebih dari 50 derajat.
  • mengecat motor pake cat semprot
  • memancing (memasang kail, merawat reel, memilih spot, membuat umpan)
  • menangkap buyutuk (yutuk),
  • mengurus bunga adenium (pembesaran bonggol / grafting / perkawinan silang)
  • dan banyak lagi...
Yah, meski ilmu ilmu tersebut tidak akan menjadi poin penilaian dalam sertifikasi, tapi saya cukup senang saat ada anak yang meminta "Eh pa, ajarin maen gitar donk!"
Sekarang pun saya lebih bisa menikmati hidup, menikmati malam dengan melakukan evaluasi diri bahwa hari ini saya belajar ini dan itu, Kalo hari ini, saya dapet nilai 7.25, maka besok harus lebih. Sebelum bobo, saya pyn nyiapin rencana buat besok, apa yang akan dipelajari dari guru guru di sekitar.
"Tuh kan lupa, Pe Er dari pa Kepsek belum dikerjain, bisa bisa distrap neeh.."

Tidak ada komentar: