Dunia Kecilku

Selamat datang di dunia kecilku. Dunia yang terbatas ketidakmampuan mengekspresikan semua keinginan, dunia yang hanya berupa penggalan penggalan, dan akan menjadi utuh karena kehadiranmu. :D

Cep Agus diajar nulis Headline Animator

Selasa, 31 Juli 2012

Resensi Buku : How to Write a Damn Good Novel II - Advanced technique for Dramatic Story Telling


Judul Buku : How to Write a Damn Good Novel II – Advanced Technique for Dramatic Storytelling
ISBN : 0-312-10478-2
Penulis : James N Frey
Jumlah Halaman: 161
Penerbit : St. Martin Press, New York
Terbit : I, April 1994
Harga: $ 17.95 

Menulis sebuah novel ataupun cerpen ternyata tidak hanya sekedar menyampaikan ide atau imajinasi kita kepada pembaca. Seperti seorang hipnotis, penulis harus mampu menghipnotis pembaca dengan tulisannya, membawa mereka ke dalam cerita yang ia coba tunjukkan. Cerita dalam novel yang baik harus mampu mengajak pembaca ikut merasakan apa yang tengah terjadi, merasakan keadaan yang digambarkan penulis. Seorang penulis cerpen / novel pun harus membuat pembaca ikut memikirkan apa yang akan terjadi, apa yang akan dilakukan si pelaku, apa yang si pelaku rasakan.

Melalui buku ini, kita akan dituntun secara bertahap mengenali tehnik tehnik dalam membuat sebuah cerita. Tidak hanya itu kita pun akan dibimbing dengan penjelasan penjelasan terperinci. Bahkan, dalam buku tersebut terdapat begitu banyak contoh kutipan dari novel novel yang sempat jadi best seller. Jadi, kita akan dengan mudah mengimplementasi kan tehnik tehnik yang dianjurkan.
Ini merupakan buku lanjutan dari volume sebelumnya, How To Write A Damn Good Novel. Tentu, tehnik tehnik yang diajarkan pun bukan merupakan tehnik dasar, tapi lebih kepada tehnik pengembangan. Sebagai contoh, pada volume 1, pembaca diperkenalkan dengan cara membuat tokoh yang akan disukai pembaca. Nah pada volume 2, penulis menyuguhkan beberapa masukan agar tokoh yang kita buat itu dikenang pembaca. Tentu saja, untuk lebih memahami buku ini, kita harus terlebih dahulu memahami konsep dasarnya. Karenanya, sebelum membaca buku ini, ada baiknya kita telah menyelesaikan buku volume I.  
Buku volume II ini dirasa lebih rapih dibanding pendahulunya. Hal ini bisa dilihat dari cara penyusunan judul bab dan sub judulnya. Hanya saja, penulis masih menggunakan kiasan dalam memberikan judul. Hal ini memang menarik, namun terkadang membingungkan juga.
Buku berbahasa Inggris ini memang diperuntukan bagi pembaca dewasa. Bagi pembaca buku ringan, mungkin buku ini kurang cocok. Bukan hanya karena istilah istilah yang digunakan sedikit rumit, buku ini pun perlu pemahaman yang kompleks. Namun hal tersebut tidak mengurangi esensi dari buku yang bisa dikatakan sebuah mahakarya ini. James n Frey yang juga merupakan seorang guru menulis kreatif, memang seorang jenius dengan memberikan sentuhan unik yang jarang didapat dari buku buku panduan kepenulisan lainnya.

gambar diambil dari sini 

Tidak ada komentar: