Dunia Kecilku

Selamat datang di dunia kecilku. Dunia yang terbatas ketidakmampuan mengekspresikan semua keinginan, dunia yang hanya berupa penggalan penggalan, dan akan menjadi utuh karena kehadiranmu. :D

Cep Agus diajar nulis Headline Animator

Jumat, 13 Juli 2012

Jual Seragam Koq Maksa! Pliss Donk Ah.

Baru kemarin saya melihat tetangga yang juga masih kerabat tersenyum karena anaknya lolos ke salah satu SMP Negeri di Kabupaten Cianjur. Ia begitu gembira, karena setidaknya ia tidak akan terbebani banyak biaya untuk sekolah anaknya. Tadi pagi pun ia berkunjung ke rumah, meminta beberapa atribut bekas keponakan, karena kebetulan keponakan saya baru saja lulus dari sekolah tersebut. Sore hari nya, senyuman itu nyaris hilang dari wajahnya, berganti kebingungan. Selidik punya selidik, ternyata sekolah mewajibkannya membeli berbagai seragam dan atribut sekolah dari koperasi sekolah senilai Rp. 500.000 lebih. Padahal ia telah menjelaskan, bahwa beberapa barang, seperti topi, dasi dan atribut sudah ia dapatkan dari tetangganya. Namun, pihak koperasi sekolah tetap keukeuh memaksa ia untuk membelinya. Dengan lesu, ia meminta pihak sekolah untuk memberinya waktu, karena baginya uang 500 ribu bukanlah uang kecil yang bisa didapatkan dengan menggesek kartu ATM.

Lebih parahnya, ternyata harga barang barang (seragam dan atribut) yang diwajibkan untuk dibeli dari koperasi sekolah terbilang mahal. Tetangga saya di atas sebetulnya sudah membeli celana putih dari pasar sebelum ia pergi ke sekolah, seharga Rp. 40.000. Saat datang ke sekolah, ia diwajibkan membeli celana yang sama seharga Rp. 115.000.  Padahal, sekolah tersebut merupakan salah satu sekolah favorit di Cianjur. Ck ck ck

Tragis memang, saat sebagian pihak, termasuk pemerintah mencoba membantu rakyat kecil agar dapat memperoleh hak pendidikan yang sama, oknum oknum ini malah memanfaatkan kedudukan mereka dengan memaksakan kehendak demi keuntungan pribadi. Permasalahan ini memang bukanlah hal baru, terbukti saat saya mencoba mengadukan hal ini, mereka Cuma mengatakan “ah ini mah biasa Kang, di mana mana juga sama.” Lah, kalo memang sudah banyak yang tahu, kenapa diam? Setidaknya sampaikan agar tak selamanya kita berada dalam kubangan lumpur.
Yah, selalu ada keyakinan bahwa masih banyak orang yang peduli terhadap nasib bangsa ini, termasuk rekan rekan semua. Semoga niat kita semua ada yang menjembatani demi perbaikan pelayanan pendidikan di negeri tercinta ini. Aamiin.

Tidak ada komentar: