Dunia Kecilku

Selamat datang di dunia kecilku. Dunia yang terbatas ketidakmampuan mengekspresikan semua keinginan, dunia yang hanya berupa penggalan penggalan, dan akan menjadi utuh karena kehadiranmu. :D

Cep Agus diajar nulis Headline Animator

Senin, 07 Mei 2012

Mengintip Uniknya Pendidikan di Koninkrijk der Nederlanden


Gbr: http://caracepatefektif.blogspot.com

Mungkin kita semua sudah tau, beberapa pencapaian hebat yang telah di raih negeri tulip ini di bidang pendidikan. Semua itu ternyata bersumber dari sistem pendidikannya, dan apa yang disuguhkan Belanda benar benar menarik. Selain sistemnya yang terkelola dengan baik, Belanda memunculkan inovasi inovasi dalam bidang pendidikan yang bisa dikatakan unik.  Apa saja keunikan-keunikan tersebut?

1.       Sekolah mengundang anak. Menurut hukum Belanda, setiap anak wajib bersekolah sejak usia 5 tahun. Uniknya, pada usia 4 tahun, sekolah akan mengundang, bahkan mendatangi anak anak yang berusia empat tahun untuk mengikuti kegiatan di sekolah selama beberapa jam. Tujuannya agar anak tersebut terbiasa dengan suasana sekolah. 

2.       Kualitas Pendidikan diumumkan secara terbuka. Di Belanda, pemerintah melakukan penilaian terhadap sekolah dengan tujuan agar masyarakat bisa memilih sekolah terbaik untuk anaknya. Penilaian ini dilakukan oleh inspektorat pendidikan, dan hasilnya diumumkan secara terbuka, di mana setiap orang di dunia bisa melihatnya. 

3.       Absen tanpa alasan, orang tua kena tilang. Layaknya pelanggaran lalu lintas, ada sanksi berkaitan dengan ketidakhadiran siswa ke sekolah. Undang undang pendidikan belanda mengatakan bahwa setiap orangtua siswa SD wajib memberangkatkan anaknya ke sekolah, bila memang tak berhalangan. Bila bukan karena siswa yang bersangkutan sakit (ditunjukan dengan surat dokter), atau ada kepentingan keluarga (pernikahan dan pemakaman), maka orang tua harus memberangkatkan anaknya ke sekolah. Sekolah pun akan menghubungi orang tua bila anaknya tidak hadir ke sekolah.  

Mungkin bila ditelusuri lebih dalam, kita bisa menemukan hal hal unik lainnya di negeri kincir angin ini, terlebih bila kita punya kesempatan untuk menginjakan kaki di sana.

Tidak ada komentar: